Aktif sebagai Divisi Bahasa Pelajar Asrama,Siswa SMA Plus terpilih Student Exchange di Singapura

Bandung (15/12) .Salah satu Siswa SMA Plus Bina siswa berhasil meraih program pertukaran pelajar/mahasiswa ,Aldis Moch Sajawandi terpilih untuk mengikuti “Indonesia-Singapore Educational Insight Exchange” yang dilaksanakan pada tanggal 11-14 di Singapura. Dilansir dari website gotravindo.com ,Acara yang diselenggarakan oleh Gotravindo tersebut Sebagai wujud program edukasi dengan mengundang orang-orang yang peduli di bidang pendidikan untuk mengikuti program berbasis konsep pendidikan global. Program pendidikan berbasis konsep pertukaran budaya, informasi, ekonomi, teknologi, dan sosial akan menjadi langkah dalam upaya pemersatu masa depan dunia yang lebih baik.
“ Banyak pengalaman yang didapatnya selama empat hari mengikuti kegiatan tersebut, mulai dari berbahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi utama kami disana, kemudian kami berdiskusi dengan pelajar Singapura, saling bertukar pendapat dan memberi solusi masalah pendidikan, mempelajari pola kehidupan sosial & ekonomi di Singapura”,Ungkap Aldis.
Singapura adalah salah satu negara maju di ASEAN yang telah maju begitu pesat selama dekade terakhir ini. Pertumbuhan ekonomi Singapura sangat pesat. Ada banyak individu muda kreatif dan inovatif di Singapura yang memberikan kontribusi besar bagi kemajuan pesat negara ini. Generasi muda perlu belajar banyak hal dari negara tersebut untuk memajukan pengetahuan mereka dan memperluas pandangan mereka terhadap persaingan yang lebih kompleks sekarang-hari ini. Dan dengan terlibat langsung lebih dekat tentang bagaimana negara berkembang sangat cepat adalah salah satu cara untuk belajar. Aldi Menyampaikan bahwa tidak mudah memang untuk mendapatkan kesempatan Student Exchange dengan biaya seluruhnya ditanggung oleh penyelenggara program ,tapi yang menjadi kunci adalah semangat Tidak menyerah dan terus mencoba. Aldi,yang juga aktif sebagai staff Divisi Sie Bahasa Asrama Organsisasi Pelajar Asrama (OPA) 2018 ini menegaskan bahwa Dua hal itu sangat sederhana jika dilihat secara frasa, Akan tapi sungguh lebih indah jika kita bisa mencoba memaknai setiap kata dengan mengimplementasikan hal itu sendiri. Kian Nampaklah keindahan itu saat kita bisa bertindak (terlibat langsung) daripada sekedar berbicara saja Atau mendengar lewat cerita.
Student Exchange Program yang diselenggrakan untuk sekolah menengah/SMA terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan selama empat hari dan memiliki beberapa manfaat yang akan didapat diantaranya yaitu :
INTERNATIONAL DISCUSSION & JOURNEY EXCURSION

Pada Pembukaan hari pertama Para peserta menghadiri sesi diskusi dengan mahasiswa Singapura. Berinteraksi dengan orang-orang dari negara lain akan membuka potensi untuk pengetahuan yang baru dan cara berfikir yang luas untuk Indonesia yang lebih baik.”Kami berkunjung ke tiga universitas dan mengetahui pola kehidupan mahasiswa disana , tiga universitas yang dikunjungi yaitu National University of Singapore, Yale-NUS College, SIM (Singapore Institute of Management) dan James Cook University.”Papar Aldis.
Sambutan hangat sudah terasa dari awal kedatangan para peserta dan setelah mengadakan upacara pembukaan dan menaruh barang bawaan dihotel , para peserta akan dibawa ke tengara paling terkenal di Singapura, Merlion Park. Sepeti Dikutip dari website resmi gotravindo.com ,
” Merlion bukan hanya sekedar patung belaka. Ini adalah simbol Singapura dan foto yang paling banyak dicari di seluruh negeri. Kunjungan Anda tidak akan lengkap jika Anda tidak mengunjungi Merlion Park saat berada di Singapura. Tak hanya ikon, patung Merlion juga memiliki sejarah yang sangat menarik untuk bisa dipelajari. Para peserta juga akan diajak menjelajahi Marina Bay Sands dan memeriksa keunikan arsitekturnya. Tidak hanya Marina Bay Sands, para peserta juga akan mengunjungi Fountain of Wealth dan Jembatan Helix yang megah namun tak terpisahkan.”

SOCIO-ECONOMY PATTERN CROSS-EXAMINATION
Mengunjungi beberapa daerah yang sibuk , peserta akan secara praktis mengkaji bagaimana kegiatan ekonomi sosial mengalir di salah satu negara berkembang yang berkembang cepat di ASEAN. Ini terasa saat Perjalanan dimulai dengan penerbangan dari Indonesia ke Bandara Internasional Changi. Melangkah keluar dari pesawat, para peserta akan disambut dengan atmosfir yang berbeda dan sekitarnya Singapura yang sibuk.

 

 

INNOVATIVE AND CREATIVE MARKET ANALYSIS

Singapura adalah negara terbaik bagi para peserta untuk mempertajam kreativitas dan inovasi dalam pemasaran, karena negara ini terkenal dengan inovasi pasar bebas di industri elektronik dan farmasi yang sedang booming. “kamipun diajak untuk mencoba menganalisis langsung beberapa pasar di Singapura seperti di China Town, Bugis Street, dan Bras Basah”Tulis Aldis disela-sela menjelaskan kisah student Exchangenya.

 

 

SINGAPORE ETHNICITY EXPLORATION
Dengan latar negara yg terdiri berbagai etnis, Singapura adalah tempat terbaik membayangkan ‘satu daerah, dunia kecil’. Peserta jelas akan belajar negara maju dengan karakteristik unik.
Selepas selesai kegiatan, kepulangan Aldis membawa pengalaman yang sangat berharga untuk bekal hidup. Aldis bertekad menjadi seseorang bak pohon besar dengan mimpi besar. Sehingga dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain baik di dunia maupun akhirat, lahir ataupun batin.

“Saya berharap cerita singkat ini dapat memotivasi seluruh siswa Bina Siswa ke depannya untuk bertekad menuju kebaikan”, tutup Aldis.
(Editor :ND)

Respond For " Aktif sebagai Divisi Bahasa Pelajar Asrama,Siswa SMA Plus terpilih Student Exchange di Singapura "

Sorry, comments are closed for this post.