Angkatan XXIV Bina Siswa Raih Prestasi Pertama lewat Lomba Pasanggiri Biantara Tingkat Bandung Barat

Bandung (31/8) Belum genap dua bulan menjadi bagian keluarga besar Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Provinsi Jawa Barat, Siswa Angkatan XXIV mengawali prestasi Pertama Tingkat Kabupaten melalui Lomba Pasanggiri Biantara. Siswa kelas X yang notabene baru resmi menjadi Siswa/I Asarama Bina Siswa SMA Plus saat Hari Pertama Masa Orientasi Siswa Asrama (MOSA) pada tanggal 10 Juli 2018 itu tidak menyia-nyiakan kesempatan pertama yang diberikan guru-guru Pembimbing Basa Sunda di Sekolahnya, SMAN 1 Cisarua . Beberapa Kategori yang berhasil diraih oleh siswa-siswi Asrama Bina Siswa pada Lomba tersebut adalah Juara 1 Ngadongeng diraih oleh Siswi Ina Iskandar , Juara 2 Kategori Pasanggiri Maca Warta oleh Siswa Hamdani , Kategori Pasanggiri Aksara Sunda Juara 3 diraih oleh Rahmat ,ketiganya merupakan kelas XII . Sedangkan Untuk kategori juara selanjutnya yaitu dari Pelombaan Pasanggiri Biantara yang diraih oleh siswa Salman Alfaritsi kelas X sekaligus Siswa Angkatan XXIV Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Provinsi Jawa Barat. Selain itu siswa Asrama yang berpartisipasi dalam lomba ini diantaranya Siswi Pinkan kelas X, Siswi Silvi Kelas XI , Anggi Adriani beserta Geni dari kelas XII. Prestasi ini pun akan menjadi kado membanggakan ketika temu perdana Siswa/i dengan orangtua 14 Oktober Mendatang sebagai tanda kelulusan Siswa/i dalam masa karantina tiga Bulan Pertamanya di Asrama BIna Siswa SMA Plus Cisarua Provinsi Jawa Barat.

Lomba Pasanggiri Sunda Yang diadakan pada Hari Jumat tanggal 31 Agustus 2018 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat ini memberikan kesempatan Para Siswa-siswi untuk menjaga nilai-nilai kebudayaan Sunda melalui partisipasi mereka dalam perlombaan. Beberapa Mata lomba yang diadakan diantaranya Pasanggiri Kawih, Pupuh , Ngadongeng, Nulis –maca Aksara Sunda, Maca Warta ,Sajak ,Biantara dan Sisindiran.  Bertempat di Kelas SMAN 1 Cisarua dan Lingkungan Asrama Bina Siswa , lomba ini merupakan perlombaan yang melibatkan Siswa-siswi tingkat SMA di Kabupaten Bandung Barat. Juara pertama dari setiap cabang lomba Pasanggiri Sunda ini berkesempatan mengikuti tahap Pasanggiri Selanjutnya di Tingkat Provinsi Jawa Barat.  Hal ini merupakan kabar gembira karena kesempatan untuk menimba pengalaman yang lebih di tingkat lebih tingi akan terbuka lebar bagi Siswa peraih juara pertama. Partisipasi siswa-siswi dalam setiap cabang lomba memberika kesempatan mereka untuk mengembangkan potensi sesuai bakat minat yang dimiliki.  Beberapa bulan belakangan sudah dilaksanakan beberapa kompetisi rutin tahun dalam Bidang Olimpiade Sains ,Olahraga, Seni maupun EntrePreneurshi atau Kewirausahaan . Para Siswa menyambut gembira setiap event yang diadakan meski ditengah kesibukan rutinitas belajar dan kesibukan Organisasi mereka di Ekstrakulikuler maupun KBM keasramaan.

Pelaksanaan Lomba Pasanggiri ini juga ternyata bersamaan dengan Prosesi Serah terima Jabatan Organisasi Pelajar Asrama (OPA) Bina Siswa SMA Plus Cisarua Provinsi Jawa Barat. Acara yang dihadiri oleh Ketua Pelaksana Asrama ,Ibu Dra.Hj.Molly Mulyahati  D,M.Sc berlangsung selepas shalat Jumat itupun berubah dari rencana Awal menggunakan Gedung Serbaguna menjadi di Aula Ruang Makan Asrama. Ibu menyampaikan beberapa Amanah dalam sambutannya dalam kegiatan tersebut diantaranya kaitan bagaimana memanfaatkan masa muda untuk hal-hal bermanfaat yang berkorelasi dengan aktivitas organisasi para siswa-siswi semua. Beliau juga menyampaikan juga bahwa berorganisasi merupakan bentuk syukur kita melalui pernyataan ucapan ,perbuatan atas nikmat yang Allah berikan serta akan akan dipertanggungjawabankan kemudian. Diakhir sambutan Ibu berpesan agar senantiasa siswa mampu mengatur antara kegiatan Sekolah dengan kegiatan Asrama. Keduanya harus berjalan bersamaan , tidak boleh dibiarkan saling bertabrakan satu sama lain atau berjalan tanpa koordinasi yang bagus dari siswa-siswi dan Pembina yang bertugas di Asrama. Pada acara Sertijab itu juga diberikan Apresiasi kepada Para Siswa-siswi yang berdedikasi dalam bidang Organisasi maupun Prestasi Akademik. Untuk Piagam Prestasi diberikan dari mulai tingkat Provinsi , Nasional dan Internasional. Karena banyak yang mendapatkan penghargaan tersebut dan waktu terbatas .Sebagai Perwakilan ,Pada saat Prosesi hanya diberikan kepada siswa-siswi kelas XII dan hanya dari tahun perlombaan 2018.  Beberapa hari kebelakang juga datang kabar baik dengan terpilihnya siswa Ryan Kelas XII sebagai Duta Bahasa Jawa Barat kedalam 30 Besar Siswa-siswi Se-Provinsi Jawa Barat untuk  mengikuti tahap Selanjutnya.

Semoga Prestasi demi prestasi menambah keberkahan bagi Seluruh sivitas Asrama Bina Siswa ,SMAN 1 Cisarua dan Keluarga Siswa-Siswi Semuanya.

Respond For " Angkatan XXIV Bina Siswa Raih Prestasi Pertama lewat Lomba Pasanggiri Biantara Tingkat Bandung Barat "