Gerakan ” Satu Angkatan -Satu Qurban” disambut Alumni , Binsis Ajak Santri keren Lomba Sate Bersama

Bandung(11/8). Asrama Bina Siswa bersama Ikatan Keluarga Alumni  (IKA) Binsis telah telah melakukan serangkaian kegiatan Idul Adha  dengan semarak dan penuh kebersamaan . Ketua DKM Sandi Amora menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan puasa sunnah dan Qiyamul lail bersama yang dilakukan pada tangggal 1,2,3,8 dan 9 Dzulhijjah dilanjutkan Pawai Obor dan takbir Keliling dilingkungan Desa Jambu dipa Cisarua , Kemudian Puncak Kegiatan pada tangggal 11 Agustus  berupa shalat Ied , Penyembelihan hewan Qurban , Liga Sate Idul Qurban dan Distribusi Hewan Qurban ke Masyarakat. Panitia Qurban Asrama Bina Siswa berkolaborasi dengan Ikatan Keluarga Alumni agar para siswa tetap dapat melaksanakan pemotongan hewan Qurban mengingat beberapa tahun kebelakang asrama tidak lagi mendapatkan jatah hewan Qurban dari Pemprov seperti saat masih dibawah Yayasan Darmaloka ataupun  sekedar menyisihkan anggaran layaknya masih dibawah dinas pendidikan provinsi Jawa Barat.

Baca Juga : GERAKAN “SATU ANGKATAN –SATU QURBAN “ IKA MERIAHKAN SEMARAK IDUL ADHA ASRAMA BINA SISWA

Semarak hari raya Idul Qurban di asrama sudah mulai bergema dengan takbir, tahlil dan tahmid selepas bada shalat magrib 10 Agustus. Selepas shalat isya gema kumandang takbir itu kian menebar ke setiap penjuru desa jambu dipa , sahutan dari takbir siswa dan siswi Asrama bina Siswa yang diiringi tabuhan bedug dan Rebana memeriahkan malam takbiran sepanjang jalan yang dilalui. Banyak para warga yang ikut mengabdadikan momen pawai takbir keliling dengan memfoto bahkan merekam iring-iringan yang mengular panjang dan diterangi cahaya obor sekenanya itu . Usai berkeliling , Para siswa rehat sejenak di lapangan apel sembari melihat kilauan kembang api yang dinyalakan bersama-sama di depan ruang makan. Kegian berlanjut dengan takbiran di Masjid Baitul Muta’alimin secara bergantian sampai waktu shubuh tiba.

Baca juga : MOTIVASI KEPENULISAN DARI USTADZ JAUHAR AL-ZANKI

“  Untuk tahun ini , Alhamdulillah terkumpul dana Qurban berupa uang tunai sebesar Rp. 43.552.000 , dana tersebut dibelikan 2 Ekor Sapi serta ada juga  Angkatan yang langsung mendonasikan berupa hewan Qurban , sehingga terkumpul 3 Ekor domba . Total Hewan Qurban tahun ini adalah 2 Ekor sapi dan 3 Ekor Domba. Donasi tersebut berasal dari 3 Sohibul Qurba pembina dan partisipasi  kurang lebih  15 angkatan yang berdonasi dalam kegiatan Qurban Feast 2019. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada para pembina atas bimbingannya  dan para alumni atas kebersamaan serta kepeduliannya selama rangkaian kegiatan Idul Adha ini. Kami juga memohon maaf ,apabila dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kekurangan yang kurang berkenan”, papar Sandi.

Baca juga : Ikuti Bazar PWRI, Produk IKA Bina Siswa Ramai Diminati Pengunjung

Bertugas sebagai Khatib tahun ini adalah Ustad Rudi Irawan, S.Pd , beliau menyampaikan bahwa tuntunan yang dibawa oleh Nabi Ibrahim adalah petunjuk dan bimbingan yang lurus dan jelas . Ia akan membawa manusia kepada kemuliaan sesungguhnya. Dengan tuntunan Akidah , Syariat dan Akhlak Islam manusia akan bisa menghadapi setiap ujian kehidupan di setiap jaman. Terpuruknya umat islam karena jauh dari tuntunan yang telah ajarkan. Maka momentum Idul Adha tahun ini hendaknya kita bersama-sama mengawal tegaknya ajaran islam yang kafaah , yang menyeluruh disetiap aspek kehidupan.

Shalat Idul Adha berakhir ,Para siswa bermushafahah denga pembina dan sesama siswa yang berlangsung khidmat. Ini juga menjadi pengalaman pertama bagi siswa-siswi angkatan 25 merayakan Iedul Adha di Asrama , mereka masih dalam masa karantina selama tiga bulan pertama yang tidak boleh dihubungi dan ditemui oleh sanak keluarga . Beberapa dari mereka tampak terharu ketika bermushafahah dengan pembina dan kakak-kakak tingkat mereka , teringat keluarga yang ditinggalkan dikampung halaman. Namun hal tersebut terobati dengan keluarga baru mereka  di Asrama, makan Opor ayam bersama menambah keakraban diantara para siswa saat hari raya.

Baca Juga : Tak Penat Belajar , 3 Siswa Habiskan Liburan Lewat Program Belajar Bersama Maestro 2019

Setiap Angkatan melakukan sesi foto bersama di tempat-tempat spesial masing-masing. Kelas satu berfoto ditanggaa Lapangan Apel mengenang masa-masa sulit PSB yang telah berlalu sambil menguhkan diri di masa karantina yang tersisa. Kelas dua mengenang perjuangan masa karantina dan  tahun pertama mereka dengan  berfoto di bawah bunga MOSA sedangkan Angkatan 23 yang saat ini menginjak kelas tiga SMA megabadikan momen Idul Adha bersama wali angkatannya di Aula Serbaguna Bina Siswa ,tempat mereka akan di Lepas untuk ditempa dan berkarya di tempat yang lebih luas lagi.

Penyembelihan hewan Qurban dilaksanakan sekitar pukup 08.30 WIB , Keluarga Besar Asrama dari Pembina, Siswa maupun Alumni bersuka ria membantu pelaksanan penyembelihan hewan Qurban.  Selesai pemotongan sapi pertama, para panitia Liga Sate Idul Qurban bersiap mendistribusikan daging ke setiap kelompok siswa dan Alumni . Ada 15 kelompok Siswa dan 2 Kelompok Alumni yang bersiap memenangkan berbagai kategori di Liga Sate tahun ini. Berkat kesigapan semua panitia, Proses penyembelihan selesai sesaat sebelum adzan dzuhur tiba .

Baca juga : Gubernur Ridwan Kamil Lepas Siswa-Siswa Unggulan Jawa Barat di Gedung Sate

Para panitia dari pembina makan gulai bersama diruang makan ,sedangkan para siswa masih bergelut menyelesaikan  kreasi satenya masing-masing untuk penjurian dan dimakan bersama-sama kelompoknya. Liga sate ditutup dengan  pengumuman pemenang masing-masing kategori rasa sate dan juara 3 besar. Ketua pelaksana Qurban Feast dari IKA Bina Siswa , Rizal Nurhadi menyampaikan ucapan terimakasih dan harapan besarnya agar pelaksanaan Qurban tahun depan lebih baik  dan lebih banyak lagi yang berpartisipasi dan lagi. Di akhir sesi para siswa berfoto bersama dengan para alumni dan pembina .

Selepas Ashar giliran Santri Magrib mengaji dan Santri Keren yang berlomba dengan sate kreasi buatan mereka, dibantu oleh kakak DKM dan OPA Bina Siswa mereka bergembira bisa ikut merayakan Idul Adha dengan sate bersama di Asrama dengan teman-teman mengajinya. Agenda sate bersama dilanjutkan dengan makan bersama-sama di Plaza  Bunga Mosa. Banyak kegembiraan dan keceriaan dihari Ied tahun ini lahir dari kepedulian kecil yang dilakukan bersama-sama. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam Qurban Feast 2019 di Asrama Bina Siswa. Jazaakumullahu bi Ahsanil Jazaa.

[masterslider id=”2″]

 

 

Respond For " Gerakan ” Satu Angkatan -Satu Qurban” disambut Alumni , Binsis Ajak Santri keren Lomba Sate Bersama "