Hamdani, Siswa Asrama Binaan Dinas Pendidikan Raih Juara 2 Lomba Baca Puisi Karya Ajip Rosidi Tingkat Jawa Barat

Bandung (23/4).Sehari pasca berbahagia dengan datang dan hadirnya  dukungan moriil maupun materil dari  Para Alumni dalam Reuni Akbar dan Milad Asrama yang Ke-23,kini giliran kabar bahagia datang dari siswa Aktif Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua dengan perolehan prestasi demi prestasinya yang mengharumkan Asrama dan almamaternya. Hamdani , salah satu siswa Asrama Angkatan 22 yang berasal dari Kontingen Kabupaten Garut  meraih juara 2 tingkat Jawa Barat dalam Perlombaan baca puisi karya Sastrawan dan Budayawan terkenal Indonesia , Ajip Rosidi. Pada kegiatan yang diadakan hari senin  23 April 2018 ini selain  Hamdani, Siswa Bina Siswa SMA Plus yang mengikuti lomba ada dua orang siswa lainnya yakni Sri Puji dan Anpas . Saat mendengar informasi lomba ini mereka tergerak untuk berkontribusi lewat prestasi dengan kemampuan yang mereka miliki masing-masing. Sebelum menjuarai lomba ini Hamdani sering terlibat dalam perlombaan kaitanan dengan melestarikan budaya dan kesusastraan seperti ikut berpartisipasi dalam lomba tembang RIKSA basa sunda tingkat Jawa Barat dan lomba-lomba lainnya beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang merupakan rangkaian festival pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Seni ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Bahasa Dan Sastra Indonesia (HMBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Pasundan (UNPAS) Bandung . Ketua Umum HMBSI, Yogi Gunawan Sugiyo mengatakan aktivitas yang digunakan guna meningkatkan minat siswa pada dunia sastra harian puisi. Lomba terdiri dari lomba baca puisi tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) / sederajat.Selain perlombaan baca puisi bukan satu-satunya acara dalam rangkaian  festival ini, agenda festival juga terdiri dari kegiatan bazaar pendidikan bahasa, sastra, dan seni juga akan dilanjutkan dengan seminar nasional bertema  “ Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia yang kreatif dan inovatif di Era Milenial”.

 Tokoh Ajip Rosidi adalah sastrawan dan budyawan jawa barat yang menginsiprasi  dunia sastra nasional, maupun internasional dengan karyanya yang banyak melacak jejak dan tonggak alur sejarah sastra Indonesia dan Sunda, serta kepiawaiannya menyampaikan pandangan tentang masalah sosial politik, baik berupa artikel dalam majalah, berupa ceramah atau makalah. Ajip juga menulis biografi seniman dan tokoh politik. Karyanya banyak yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa asing, dimuat dalam bunga rampai atau terbit sebagai buku, a.l. dalam bahasa Belanda, Cina, Inggris, Jepang, Perancis, Kroatia, Rusia, dll. Mengenal kisah perjuangan para pendahulu  dengan segenap kontribusi dibidangnya masing-masing harus senantiasa dimunculkan agar generasi muda tidak kehilangan identitas kearifan budayanya sendiri sehingga mereka akan lebih bersemangat dalam mengemban amanah melestarikan nilai-nilai luhur apapun nanti profesinya. Dan yang menggembirakan bibit-bibit potensial itu mulai terlihat sedikit demi sedikit ke permukaan dengan segenap kontribusinya sesuai tingkat kemampuan maupun kematangan kepedulian generasi muda di era milenial ini.

            Bapak H.Nuriana Gubernur Jawa Barat ketiga belas mengagas sekolah yang memiliki visi mencetak generasi yang berkarakter melalui Pendirian SMA Plus Bina Siswa dan sekarang berada dibawah Naungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Potensi untuk menempa generasi Jawa barat yang lebih baik terbuka lebar, disampaikan oleh Ibu Molly Mulyahati ketika sambutan Milad Bina Siswa ke -23 bahwa terdapat filosofi dari logo 23 tahun berbentuk kupu-kupu,karena di Bina Siswa tempat siswa/siswi ditempa,tempat berproses dan  setiap kita berproses diasrama ini setelah itu kita harus memberikan warna ,memberikan kontribusi dan menebar kebaikan kepada Masyarakat luas sebagaimana layaknya kupu-kupu. Sebagai Wujud Kebanggaan Bina Siswa Membuat Kenangan-keangan desain khusus milad Ke-23 Bina Siswa dan Sudah tiba dikediaman Bapak H.R Nuriana.

Bina Siswa harus bersiap dengan setiap perubahan kebijakan dan sistem yang baru sesuai perkembangan jaman saat ini, Begitupun Siswa maupun Alumni dan Seluruh sivitas Keluarga besar bina siswa harus bersama-sama menumbuhkan kepedulian dan saling bekerja sama untuk kebaikan masa depan para pemuda penerus masa depan Jawa Barat  yang diasramakan di Bina Siswa SMA Plus.

Prestasi ini menggenapi kebahagiaan Milad Bina Siswa Yang ke-23.Prestasi demi prestasi semoga menjadi motivasi dan menambah keberkahan bagi seluruh keluarga besar SMA Plus Bina Siswa .

 

 

Respond For " Hamdani, Siswa Asrama Binaan Dinas Pendidikan Raih Juara 2 Lomba Baca Puisi Karya Ajip Rosidi Tingkat Jawa Barat "