Kenalkan dan Semangati Siswa Masuk Perguruan Tinggi ,Alumni Bina Siswa SMA Plus Sukses Gelar IKA Campus Fair 2019

Bandung. (13/1). Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Bina Siswa SMA-Plus Cisarua Provinsi Jawa Barat telah mengadakan Event “IKA Campus Fair 2019” pada tanggal 11-12 Januari 2018. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan perguruan-perguruan Tinggi lebih spesifik ,cara mendapatkan beasiswa dan sharing tips-tips  menjalani dinamika kehidupan di perkuliahan . Program yang diinisiasi oleh IKA inipun bertujuan agar dapat menyemangati Para Siswa untuk terus berjuang untuk mencapai cita-cita meski ditengah keterbatasan.  Kegiatan yang dimotori oleh Divisi Pengembangan Pendidikan dan Keilmuan ini bekerjasama dengan Divisi Almamater dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan , daya saing Alumni dan Siswa Asrama.

Ketua Pelaksana IKA Campus Fair 2019 ,Erdi Munandar  dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya Agenda ini siswa.i Asrama terbiasa dengan Kakakter Visioner . IKA menyelenggarakan  IKA Campus Fair 2019 ini tidak hanya untuk kelas XII yang akan segera memasuki dunia Perkuliahan ,Kelas X dan XII pun diikutsertakan agar dapat mempersiapkan diri lebih awal untuk Sukses masuk perguruan tinggi. Turut hadir perwakilan dari badan Pengurus harian IKA Fajar Sidiq Baehaqi Selaku Bendahara . Fajar menyampaikan pesan dari Para Sesepuh IKA agar kelas XII setelah lulus dari Asrama bisa berkontribusi di IKA Asrama Bina Siswa. “ Harapannya Setelah lulus kita bisa berkontribusi di IKA, Generasi muda seperti kitalah yang justru sangat diandalkan untuk memajukan Asrama ini”, Ujarnya.

Pembukaan IKA FAIR 2019 dilaksanakan di Aula Ruang Makan Asrama Bina Siswa ,Bapak Abdul Aziz selaku Koordinator Bidang Kesiswaan mengapresiasi kesuksesan penyenggaraaan IKA Fair yang dari tahun semakin baik. Beliau juga menyampaikan harapan Bina Siswa agar para Alumni bisa berkontribusi untuk Masyarakat Luas ,Khususnya  Jawa Barat dan untuk saat ini lewat  kontribusi terhadapa Asrama dapat diwujudkan dengan kegiatan-kegiatan seperti IKA Fair  ini.  “Budaya kegiatan sepeti ini yang menginspirasit Siswa/I di Asrama Bina Siswa bisa kuliah diberbagai universitas,di Bina Siswa hal-hal yang tadinya terpikir mustahil bisa jadi mungkin” Ujarnya. Sebelum membuka beliau menyampaikan ucapkan terima kasih banyak dari segenap Keluarga Besar Asrama Bina Siswa atas terselenggaranya acara IKA Campus Fair dan Kepedulian Para Alumni terhadap almamaternya.

Hari Pertama IKA Campus Fair diisi dengan motivasi dari Kang Helby Sudrajat,S.Pd.I, S.IP.. Dalam paparannya Kang Helby menyampaikan pentingnya Meluruskan niat sebelum masuk kedalam dunia kampus atau berkiprah di profesi apapun setelah Lulusan dari Asrama. “Tujuan kita Kuliah itu untuk mendekatkan diri Kepada Allah, maka sangat heran kalau setelah menjadi mahasiswa kita kehilangan kebiasaan-kebiasaan Amaliah dan Akhlak baik kita selama menjadi Siswa Asrama”,Ujarnya. Kang Helby juga menyampaikan bahwa mindset kita terhadap Profesi apapun diukur dari kebermanfaatnya bukan sekedar dari status akademiknya semata. Terbuka pilihan yang luas untuk Siswa Asrama selain melanjutkan kuliah  ketika kita meniatkan diri mencari ilmu bukan semata lulus dan dapat Ijazah sekolah.  Tidak ada pilihan yang tidak bagus dari yang memilih kuliah,  bekerja atau membina rumah tangga selama kita berpatokan kepada sudut pandang agama dan bersungguh-sungguh mau berkarya dan bermanfaat untuk sesama. Kang Helby mengharapkan kepada para siswa agar aktif bertanya bukan sekedar informasi formal kaitan akademik dan beasiswa kampus ,tetapi lebih dari itu tips-tips  bagaimana bisa istiqomah dan mendapatlkan lingkungan yang kondusif di dunia kampus tidak kalah pentingnya.

Hari Pertama setelah pembukaan disampaikan Sosiliasi kampus dari Univeristas Siliwangi dan Universitas Indonesia. Dihari kedua sebelum dilanjutkan dengan sosialisasi Kampus lainnya disampaikan juga Motivasi dan Sharing  dari Alumni Angkatan XVII tentang “Kehidupan Perkuliahan “ ,Rivaldi . Setelah termotivasi para siswa kembali mengikuti sosialiasi dari Institiut Pertania Bogot (IPB) ,UIN Sunan Gunung Djati dan Universitas Padjajaran. Selain Itu kampus -kampus yang lainnya seperti Politeknik Negeri Bandung,Universitas Brawijaya,UPI, ITB, dan UGM Disela-sela kegiatan hadir Ibu Ketua pelaksana Harian Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua ,Ibu Dra.Hj.Molly Mulyahati D,M.Sc  yang menyempatkan diri membersamai para Alumni dan Siswa Pagi itu. Ibu yang juga pernah menjabat sebagai Walli kota Sukabumi ini sempat mengikuti beberapa Sesi sosialisasi dan menangkap beberapa pertanyaan siswa tentang dunia perkuliahan, termasuk kekhawatiran dengan dunia kampus yang heterogen. Ibu berpesan selain harus komitmen dengan piilihan hidup kita ,kitapun harus menghargai orang lain sehingga kita bisa hidup ditengah-tengah perbedaan. Selalu mencari persamaan kita dengan orang lain agar bisa hidup berdampingan . Selain itu itu mengapresiasi Acara IKA Campus Fair ini dan Sangat membantu para siswa mendapatkan informasi yang benar mengenai dunia perkuliahan maupun persiapan masuk perguruan tingggi.

Ikatan Keluarga Alumni sedang menggiatkan kegiatan-kegiatan yang kaitannya dengan Pengingkatan SDM siswa/i Asrama dan Alumni maupun Program yang Berkaitan dengan pengabdian Sosial untuk Masyarakat Jawa Barat dimulai dari Lingkungan sekitar Asrama dan Lingkungan Para Alumni tinggal. Untuk Kelas XII sendiri ,IKA  akan melaksanankan pendampingan Pemantapan UTBK SBMPTN untuk Siswa/I yang belum mendapat Beasiswa Bimbingan Belajar dimanapun. Tahun sebelumnya Beasiswa-beasiswa Bimbingan belajar sangat membantu dalam pembinaan Siswa/I Asrama.Bahkan berdasarkan data Bimbingan konseling dan prestasi Asrama, Siswa/I yang mengikuti Beasiswa lebih banyak yang diterima di Perguruan tinggi dan Kelebihan lainnya Ketika tidak mendapatkan Beasiswa Bidik Misi langsung ,Panitia membantu para Siswa/I untuk mendapatkan beasiswa lainnya.  Tahun ini Asrama Bina Siswa Melaui Divisi Prestasi Bidang Kesiswaan bekerjasama dengan SmartEduCorner untuk mengadakan bimbingan belajar bertempat di Asrama Bina Siswa ,Sasarannya yaitu untuk yang lolos Beasiswa Jabar Prestasi dan Beberapa Siswa yang mendaftar secara reguler.

Respond For " Kenalkan dan Semangati Siswa Masuk Perguruan Tinggi ,Alumni Bina Siswa SMA Plus Sukses Gelar IKA Campus Fair 2019 "