Profil Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua

Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Provinsi Jawa Barat merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang diberikan mandat dalam memberikan pembinaan kepada putra/i Jawa Barat lulusan SMP/MTs yang berprestasi dengan status yatim piatu, yatim, piatu dan keluarga lengkap dengan kategori perlu dibantu.

Visi Asrama Bina Siswa:

Mencetak lulusan SMA yang unggul, siap pakai, serta memiliki nilai plus dan kompetensi, berjiwa kewirausahaan, berbudi luhur, bermoral dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Misi:

  1. Menyediakan sarana prasarana pendidikan yang baik dan lingkungan yang kondusif.
  2. Menyekolahkan siswa di SMAN 1 Cisarua.
  3. Menyelenggarakan pendidikan KBM Plus, ekstrakurikuler dan pendidikan kepesantrenan.
  4. Menyelenggarakan pembinaan fisik, mental dan pengasuhan/perwalian.
  5. Mentradisikan nilai-nilai luhur dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan kode etik dan tatakrama kehidupan siswa.

Falsafah Hidup Siswa Asrama Bina Siswa:

“Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh”

Keterangan:

  • Silih Asah adalah interaksi sosial untuk saling menyadarkan, mengembangkan pendidikan, dan memperluas wawasan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  • Silih Asih adalah interaksi sosial untuk saling menyayangi baik antara sesama manusia maupun terhadap alam dan lingkungannya, kasih sayang adalah kekuatan manusia yang sangat besar bagi modal pergaulan umat manusia yang merupakan rahmatan lil alamin.
  • Silih Asuh adalah interaksi sosial untuk saling menjaga, memelihara, membina, memotivasi untuk meningkatkan kualitas hidup.

Janji Siswa:

Kami siswa Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Propinsi Jawa Barat berjanji:

  1. Melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.
  2. Taat pada peraturan/tata tertib yang berlaku di Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Propinsi Jawa Barat.
  3. Siap melaksanakan pendidikan di Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Propinsi Jawa Barat selama tiga tahun.
  4. Hormat kepada Pembina, Guru, Karyawan, Orang Tua Siswa dan sesama siswa.
  5. Menjaga nama baik civitas Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Propinsi Jawa Barat dan orang tua siswa dengan meningkatkan prestasi dan akhlak yang baik.
  6. Menjaga hubungan kesetiakawanan dan saling membimbing dalam kebaikan di antara siswa Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Propinsi Jawa Barat.