Sambut Revolusi Industri 4.0 ,Bina Siswa Bersama Unikom Indonesia adakan Pelatihan dan Workshop Produktivitas SDM

Bandung (31/8). Semakin berkembangnya trend Revolusi Industri 4.0 yang mengarah kepada tren otomasi dan pertukaran data dalam teknologi pabrikasi terkini  tidak dapat dielakan lagi. Di Era ini, Para Pembina dan Siswa harus memperkaya jangkauan literasi lamanya yang dulu sekedar membaca, Menulis dan matematika harus ditambah lagi dengan literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Sabtu ( 31/8 ) Asrama Bina Siswa bersama Universtas komputer (UNIKOM ) Indonesia mengadakan kerjasama dibidang penggunaan teknologi yang diikuti oleh lebih dari 20 peserta dari Staff Asrama Binsis. Kegiatan yang bertema ” Pelatihan Produktivitas SDM di Era Revolusi Industri 4.0 dan Workshop CMS Ujian Mata Pelajaran Berbasis Jaringan Intranet ” .

Dimulai pada sekitar pukul 08.00 WIB , kegiatan dipandu oleh mahasiswa UNIKOM dengan pembukaan dan sambutan dari Ketua Prodi Studi Komputerisasi-FTIK UNIKOM , Ibu Dr. Ony Widnestariningtyas, S.E.,M.Si., Ak., CA. ,Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi Darma Perguruan tinggi , yakni Pengabdian Masyarakat. Disamping itu kegiatan pelatihan ini juga merupakan bentuk impelementasi ilmu yang didapatkan di perguruan tinggi agar lebih memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat luas.

Agenda dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Bina Siswa SMA Plus Cisarua dan Universitas Komunikasi Indonesia. Kedua belah pihak akan menjalankan kerjasama kaitan dengan pengembangan Implementasi Teknologi dan kurikulum sebagai wujud dari pengabdian Masyarakat di Lingkungan Asrama Bina Siswa. Untuk semester ganjil ini direncanakan beberapa staff Bina Siswa akan berkunjung ke UNIKOM dalam rangka tindak lanjut kerjasama.  Setelah penandatanganan MoU selesai , Ketua Pelaksana Harian Bina Siswa SMA Plus Dra.Hj. Molly Mulyahati D.,M.Sc diminta menyampaikan sambutannya. Dalam sambutan tersebut beliau mengucapkana terima kasih banyak atas kesediaannya berbagi ilmu dengan para staff Asrama Bina Siswa. Ibu berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meringankan pekerjaan para staff Asrama dan bisa mengembangkan potensi materi  yang harus masuk dalam KBM Plus Komputer maupun Akuntansi. 

Materi Pertama disampaikan oleh Bapak Dony Waluya Firdaus S.E., M.Si tentang Karakteristik Sumberdaya Manusia di Era Revolusi Indsutri 4.0 ,akan banyak perubahan kaitan dengan profesi yang dibutuhkan dan saat ini i disprutive teknologi hadir begitu cepat dan pesat yang akan memberi ancaman bagi industri-indsutri raksasa. DI Era ini , Ukuran perusahan tidak perlu besar , namun perusahaan tersebut haruslah “lincah” dalam memanfaatkan teknologi. Pemaparan   dilanjutkan oleh Ibu Supriyati S.E., M.Si., Ak. CA. kaitan Produktivitas SDA di Era Revolusi . Beliau menyampaikan pentingnya kita menjadi Aware terhadap Revolusi Industri 4.0 dengan melihat kesempatan yang muncul. 

Bagi Institusi Pendidikan Seperti Bina Siswa maupun yang lainnya harus membuat kurikulum yang relevan untuk menyesuaikan dengan konektivitas digital ,dengan tetap mempertahankan kontrol bagi para siswa yang telah berlaku  agar  tidak berbalik menjadi berdampak negatif. “Ujar beliau.

Baca juga : Gubernur Ridwan Kamil Lepas Siswa-Siswa Unggulan Jawa Barat di Gedung Sate

 

Asrama Bina Siswa yang telah menerima 25 Angkatan dengan Program tambahan KBM-Plus dan Kepesantrenannya  kini memang sedang menhhadapi dilema karena tahun ini Anggaran untuk KBM-Plus  dihilangkan , Pihak Asrama sangat menyayangkan kebijakan yang kontraproduktif tersebut.  Peluang besar untuk mengembangkan kerarifan lokal dan nilai plus Asrama  kepada masyarakat ,bahkan untuk Go Intenational seperti yang disampaikan pemateri akan sedikit terkendala . Apalagi dengan beban psikologis yang diterima oleh para siswa tahun pelajaran ini dikarenakan  sarana belajar siswa yang  mengalami keterlambatan , bahkan sampai sarana vital seperti seragam sekolah. 

Baca juga : Gerakan ” Satu Angkatan -Satu Qurban” disambut Alumni , Binsis Ajak Santri keren Lomba Sate Bersama

Kita Banyak Siswa  yang berkompetensi untuk  Go Internaional, tapi akan sulit kalau (kebijakan dan keadaannya ) terus seperti ini ” .Ujar Ibu Molly menyela penyampaian materi siang itu. 

Pada materi tersebut juga dipaparkan tiga perubahan utama kaitan “Smart and Digital Technology” , Bentuk-bentuk regulasi dan standar pelaporan global yang baru. Saat ini dengan media sosial bukan hanya berfungsi sebagai media eksistensi diri tetapi secara tidak langsung sebagai bentuk bentuk pelaporan kepada mayarakat luas tentang kegiatan apa yang sedang kita lakukan. Bapak Hery Dwi Yulianto S.T., M.Kom juga Berkesempatan juga menyampaikan kaitan  intranet  (LAN) dan internet . Materi disambung oleh Ibu Apriani Puti Purfini S.Kom.,M.T. tentang instalasi aplikasi untuk ujian berbasis intranet dan bisa diterapkan juga dengan jaringan internet. dan diakhir , pesera mempraktekan sendiri dengan dipandu oleh Bapak Rio Yunanto S.Kom.,M.T.

Baca juga : Sumbangkan Medali Perunggu , Siswa Binsis Genapkan Kotingen Jabar di Peringkat 2 OSN 2019

Acara ini dihadiri pula oleh Koordinator Kesiswaan Asrama Bina Siswa, Bapak Abdul Aziz,S.Pi . Beliau mengharapkan ada peningkatan pelayanan asrama dengan adanya kegiatan ini. Sehubungan dengan hal tersebut, bidang Hubungan Alumni dan Pengabdian Bina Siswa juga mengharapkan para Siswa dan Alumni mampu menyambut baik era Revolusi Industri 4.0 ini.

Baca juga : Selamat Jalan Sang Inspirator, Kang Rizzal Muttaqin

“Sama Halnya dengan Sebuah perusahaan, Bina Siswa yg didalamnya ada Alumni dan Siswa pun kini tidak perlu tempat dan dana yang besar untuk bisa berkontribusi di Era ini. Asalkan bisa memanfaakan teknologi secara maksimal dan tergerak untuk peduli , Alumni Binsis bisa tetap terhubung memberikan kontribusinya di tempat masing-masing. Kotribusi Alumni  itu bisa dengan materi maupun dengan sekedar saling berbagi informasi dari kegiatan yang dilakukan sehingga orang lain terinspirasi dan menambah kebermanfaatan bagi sesama”. Ungkap Petugas Pangabdian, Bapak Ade Narsa

[masterslider id=”3″]

 

 

 

 

 

Respond For " Sambut Revolusi Industri 4.0 ,Bina Siswa Bersama Unikom Indonesia adakan Pelatihan dan Workshop Produktivitas SDM "