Selamat Jalan Sang Inspirator, Kang Rizzal Muttaqin

Rizzal Muttaqin adalah salah satu Siswa berasal dari SMPN 1 Katapang . Memperoleh Beasiswa Unggulan Provinsi Jawa Barat di Bawah Yayasan Darmaloka dan Alumni terbaik Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Provinsi Jawa Barat Angkatan XI (Alaska) yang berhasil menorehkan berbagai prestasi ketika menjadi Siswa maupun setelah menjadi Alumni. Sejak kecil sampai masuk ke Asrama Bina Siswa hingga masuk menjadi Mahasiswa Sastra Jepang Unpad , Rizzal dikenal oleh keluarga, teman, lingkungan sekolah serta di lingkungan sekitar rumahnya sebagai siswa yang berprestasi. Selain itu setelah menjadi Alumni pun beliau sering memotivasi adik-adik asrama ketika berkunjung ke Asrama. Seperti yang dituturkan salah seorang Adik tingkatnya kepada penulis ”   Saya masih ingat dulu beliau suka mengajar mengajar kami di English Club setiap malam minggu ”. Ujar salah satu Adik tingkat beliau di Asrama.

Semasa SMA banyak prestasi beliau torehkan bersama teman-teman seangkatannnya , paling sering beliau berpartner bersama Kang Agus Cartian dan Kang Ahmad Syidad. Beberapa Kejuaraan diantaranya : Juara 1 Provinsi Debate Competition AECS (Annual English Competition and Seminary UPI, Juara 1 Provinsi LKTI Persada, Juara 2 Provinsi Theater PASIM , Juara 3 Speech Contest Provinsi, Juara Favorite Provinsi LKTI Energi Terbarukan, dan Finalis Nasional Lomba Baca Puisi Piala Rendra. Selain itu beliau aktif di keorganisasian dan Kepanitian- kepanitian perlombaan yang diadakan Asrama maupun SMAN 1 Cisarua.

Prestasi Rizzal Muttaqin terbukti bukan hanya di SMA dan Mahasiswa saja .  Setelah bekerja dan mengabdi pun tradisi meraih prestasi masih terbukti dengan dedikasinya membina siswa-siswi MAN 2 Batam menorehkan prestasi , Beliau menjadi Pembina Untuk OSIS ,PASKIBRA , Komunitas English Club ,KIR dan Komunias Angklung MAN 2 Batam.

Di MAN 2 Batam siswa-siswi mengenal beliau dengan panggilan Kak Zakki, beliau yang senantiasa memotivasi siswa-siswi disana untuk berprestasi . Menginisiasi beberapa Ekstrakulikuler disana.

Ekstrakurikuler angklung mulai berdiri di MAN 2 BATAM pada bulan juni tahun 2012 , yang beranggotakan 15 orang . ekstrakurikuler angklung dibentuk oleh guru Pembina yaitu RIZAL MUTTAQIN atau disebut kak zaky . ekstrakurikuler angklung mulai tampil pertama kali di rumah Dina indah ramadani yang dihadiri oleh DPRD dan perwakilan MENTERI yang lain dengan menyanyikan lagu INDONESIA RAYA . angklung tampil kedua di golden king pada acara pelantikan pramuka , tampil di depan GUBERNUR dan wakil GUBERNUR .” Dalam sebuah Cuplikan Blog anak didik Beliau.

Pada 21 Desember 2013 beliau membawa anak-anak didik PASKIBRA binaanya menjadi juara umum Lomba PBB Variasi Se-Kota Batam di Politeknik Batam.

Tahun 2013 beliau menginisiasi Ekstrakulikuler MDC (MAN 2 Debate Club) MDC sekaligus menjadi pembinanya. MDC Pada 28 Desember 2014 sampai mengadakan E-UGRAT ( English Upgrading Tour) sejenis Study Tour ke Singapura dan Malaysia yang mengikut sertakan 15 Peserta terbaik MDC.

” ia merupakan sosok guru yang menjadi panutan bagi murid-muridnya khususnya di MAN 2 Batam

Beliau merupakan pembina kami yang selalu akrab dan aktif dalam membimbing dan melahirkan bibit-bibit baru yang berprestasi disekolah kami, khususnya MAN 2 Batam dan aktif di sekolah-sekolah lain maupun di forum-forum dalam daerah.”ujar salah satu siswi dalam pengantar Donasi kitabisa.com, menggambarkan sosok Inspiratif almarhum.

Almarhum pun selalu mengajarkan kedisipilinan kepada anak-anak didik beliau . salah satu siswi beliau mengisahkannya sendiri.

“kak karimah mengatakan “yang terlambat hari ini, di usahakan besok tidak terlambat lagi, karena keterlambatan mempengaruhi konsentrasi bealajar kalian dikelas”.

dan itu benar, dan baru kurasakan semenjak aku menjadi anggota OSIS disekolah ini. keterlambatan anggota sangat berpengaruh bagi anggota lainnya dan mendapat sanksi yang lumayan berat bagi kami.dan nasihat yang sama pun ku dengar dari pembina OSIS kami tercinta Kak Zaky, seorang guru yang dapat menjadi sahabat, bahkan keluarga bagi kami, bahwa “Kedisiplinan dalam diri kalian adalah kunci kesuksesan tersendiri, dan ketidak disiplinan kita sangat berpengaruh negatif bagi orang di sekitar kita, karena itu miliki dan jagalah kedisiplinan dalam diri”. Cerita JIhan ,Salah satu Siswi Beliau

Osis Man 2 batam sangat aktif dan berperan penting untuk perkembangan Man 2 batam. Pembina Osis man 2 batam ini bernama Rizal Muttaqin tetapi kami sering memanggilnya kak zaki. Beliau adalah orang yang mempunyai sifat rajin, tekun, disiplin dan mempunyai kesungguhan yang besar untuk mencapai sesuatu. Maka anggota nya pun juga menjadi aktif dan disiplin. Dan MPK yang menjadi pembina nya juga kak zaki.” tulis salah satu anak didik beliau.

Seluruh Keluarga besar Bina Siswa sangat kehilangan dengan wafat Almarhum, terlebih Guru-guru ,sahabat yang mengenal Beliau. Ikatan Keluarga Alumni mengadakan penggalangan Dana yang akan diserahkan ke Ummi beliau yang kini seorang diri, Kang Syidad sahabat dekat beliau pun rencananya akan mengunjungi Ibu Almarhum ke Batam.

“Semoga Almarhum mendapat magfiroh dari Allah SWT dan menjadi sosok Inspiratif dengan kebaikan-kebaikannya bagi kita yang ditinggalkan .Aamiin

Selamat Jalan sang Inspirator, Semerbak Baktimu dipenghujung Negeri. …

Kini mewangi , menabur benih kobaran semangat mengabdi nan tiada henti…..

Seperti Harum semerbak namamu…Ar-rizaal Al Mutaqqin…..

مِنَ الْمُؤْمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا مَا عَاهَدُوا اللَّهَ عَلَيْهِ ۖ فَمِنْهُمْ مَنْ قَضَىٰ نَحْبَهُ وَمِنْهُمْ مَنْ يَنْتَظِرُ ۖ وَمَا بَدَّلُوا تَبْدِيلًا 

Di antara orang-orang mukmin itu terdapat  pahlawan-pahlawan yang telah menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka tidak merubah (janjinya),

(Q.S.Al Ahzab :23)*

*sumber terjemahan Arrijal , dalam Buku Khalid Muh.Khalid kisah Mus’ab Bin Umair

 

 

Respond For " Selamat Jalan Sang Inspirator, Kang Rizzal Muttaqin "

  • Oktavia 12 Juni 2019 09:18

    Anak baik sholeh... Selamat jalan Rizzal anakku smga Allaah menempatkanmu bersama orang² yg sholeh, aamiin
  • Kiki 21 Mei 2021 11:07

    Ada yg punya kontak keluarganya ijal? Kontak uminya /keluarganya yg lain?