Siswi Tahun pertama Bina Siswa Raih Runner-Up 2 di Ajang West Java English Competition.

Bandung(22/8). Dewi, Siswi SMAN 1 Cisarua setelah  Mendapat bimbingan dari Para Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Cisarua dan Relawan PeaceCorp Indonesia berhasil meraih prestasi di Ajang West Java English Competition. Siswi yang juga mendapat kesempatan mendapat beasiswa asrama dari Dinas Pendidikan ini berasal dari kotingen Bandung. . Karena terbatasnya Kuota peserta lomba untuk SMP/MTS dan SMA/MA/SMK adalah 125 orang dan peserta lomba adalah perorangan .SMAN 1 Cisarua mengirimkan lima delegasi, Dewi dan keempat Siswa lainnya yaitu M.Fharaz , Rafli Noer, Lukman Ali (ketiganya  siswa SMA Plus ) serta  Siswi…mengikuti event WJEC pada tanggal 21 April 2018 di Gedung sate bertepatan dengan peringatan hari Bumi. Kegiatan yang diadakan oleh PeaceCorp bekolaborasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat ini merupakan event ketiga dari mulai pertama diadakannya pada tahun 2016. Berbeda dengan tahun kedua yang mengambil tema” English for the The Earth “,Tema WJEC tahun ini dan sekaligus menjadi tema speech contest dan story telling  yaitu  “Dare to Be a Force of Nature”. Komitmen Panitia WJEC  terlihat sekali dalam kegiatan yang berupaya menjaga kelestarian bumi ,yaitu pihak panitia   tidak menggunakan unsur plastik dalam kegiatan ini dan mengharuskan kepada seluruh peserta untuk membawa botol minum masing-masing agar bisa untuk refill karena sampah plastik sudah sangat mencemari lingkungan apalagi program ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari bumi tahun 2018. Sebagaimana dikutip diwebsite resmi http://wjec.yakkitude.com , Kompetisi WJEC ini  bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi para remaja disekitar jangkauan Provinsi jawa barat untuk menunjukan peluang-peluang yang bisa dibuat dan  untuk melatih mereka  terutama dalam belajar bahasa Inggris, sehingga memiliki perlengkapan dan inspirasi terbaik untuk memperbaiki komunitas sekeliling mereka , negara mereka, dan dunia internasional.

Ada Seminar dan Beberapa Kompetisi pada  WJEC 2018 yang terbagi menjadi tiga kategori yaitu Speech,Story telling dan Art. Dimulai pukul 07.00 dengan sambutan dan pembukaan oleh Duta Besar Amerika dan perkenalan para juri native speaker acara WJEC 2018 berlangsung meriah , Para siswa sangat antusias mengikuti kompetisi dan Para relawan pun sangat kagum dengan kemampuan para peserta kompetisi dalam membawakan materi-materi yang notabene itu bukan Bahasa asli mereka. Bersaing dengan 125 Peserta atau kurang lebih 50 peserta untuk masing-masing dari sekolah-sekolah Penjuru Jawa Barat para peserta SMAN 1 Cisarua pulang dengan membawa kebanggan berupa juara tiga untuk ketegori Speech Contest WJEC 2018. Tentunya banyak pengalaman yang didapatkan dengan mengikuti event West Java English Competition tahun ini. Prestasi ini akan menjadi modal kepercayaan diri untuk mengembangkan bakat terutama dengan kemampuan berbahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari.

 Sebagaimana Misi Peace Corps Indonesia adalah membantu para siswa dan guru di Indonesia untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris akademik ataupun profesional . Beberapa relawan PeaceCorp Indonesia ada yang aktif memberikan materi disekolah-sekolah diseluruh Indonesia ,di Kabupaten Bandung Barat salah satunya  di SMAN 1 Cisarua. Bahkan kedepan rencananya   dari Dinas Pendidikan  akan membuka Program khusus kaitannya dengan peningkatan kemampuan Bahasa Inggris Siswa/I Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua. Tentu ini akan menjadi kabar gembira bagi Dewi dan siwa lainnnya , selain akan meningkatkan kemampuan Bahasa inggris dari materi yang  didapat di SMAN 1 Cisarua maupun Program KBM Plus yang sudah berjalan. Selain itu kemapuan Bahasa ini pun bisa menjadi modal untuk lebih memaksimalkan potensi-potensi siswa/I dalam mengenalkan kearifan budaya Indonsia di Dunia Internasional. Dewi yang juga Koor dari Tim Angklung Angkatan 23 Asrama Bina Siswa ini sering membawakan lagu-lagu Berbahasa inggris yang dikemas dalam Pergelaran Angklung di Event-even Asrama maupun Sekolah. Disampaikan oleh Bapak Ade Suparman selaku Eksul Seni Musik Sunda yang sering mengadakan  pergelaran music ke mancanegara dalam rangka pertukaran budaya  Bahwa siswa-siswi asrama memiliki potensi yang sangat strategis dalam melestarikan kearifan budaya di Indonesia ke dunia luar, bahkan beliau yang membina kelas musim panas di Bali untuk para mahasiswa luar negeri ini pun sempat mengajukan agar difasilitasi untuk membangun program serupa di Bina Siswa ini. Program-program perukaraan budaya ,seperti pembelajaran Bahasa asing untuk siswa/I Asrama dan Bahasa daerah maupun Bahasa Indonesia untuk pelajar /mahasiswa asing akan bisa  terealisasi.

Prestasi yang Dewi ini memjadi kado Milad Ke-23 Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Provinsi Jawa Barat. Semoga Prestasi demi prestasi menambah keberkahan untuk seluruh civitas SMAN 1 Cisarua, Asrama Bina Siswa maupun Masyarakat Provinsi Jawa Barat Pada Umumnya.

Respond For " Siswi Tahun pertama Bina Siswa Raih Runner-Up 2 di Ajang West Java English Competition. "