Wakili Indonesia di JA AP COY Beijing, Tim SMANCIS 2 SC Raih The Belt and Road Award

22 Student companies from 14 Countries in Asia Pacific Region

Bandung (31/3).Kabar gembira datang dari Siswi Ina Iskandar ,Salma  Meldiyana, Ajeng Geby Syafitri dan Andi Khaerunnisa Khanifa ,mereka  berempat adalah Tim Student Company SMAN 1 Cisarua yang berlaga dalam even bergengsi Asia Pacific JA Company of the Year Competition (AP JA COY) 2018 di Beijing,China. Tim SMANCIS 2 Student Company dengan produk andalan Pupuk Cair Super Lactonya akhirnya berhasil meraih The Belt and Road Award . Pada kegiatan yang dilaksanakan 29-31 April 2018 itu, empat orang siswi SMAN 1 cisarua beserta pembimbing Bapak Dede Juanda memberikan ikhtiar terbaiknya untuk mengharumkan sekolah mewakili indonesia di kancah regional Asia Pasifik . Sebelumnya Produk Super Lacto juga yang menghantarkan SMANCIS 2 SC memperoleh kepercayaan dari Prestasi Junior Indonesia ,JA Indonesia untuk mewakili Indonesia di AP AJ COY 2018 ,Meskipun sebelumnya SC SMANCIS hanya mendapatkan Juara 2 pada Ajang Indonesia Student Company Competition (ISCC)  di Atrium Lotte Shopping Avenue. Citi Bank , Sebuah perusahaan nirlaba yang berpusat di Boston USA melihat SC 2 mampu bersaing di Kancah Internasional akhirnya mengusulkan dan bersedia membiayai sebagian akomodasi ke Beijing sehingga dari Indonesia memberangkatkan dua tim, sama halnya dengan beberapa negara yang mengirimkan lebih dari satu peserta perwakilan. Bersama satu tim lainnya Entreprezo Nature Indonesia Student Company. Entreprezo Nature Indonesia berhasil meraih First Place Winner  JA Asia Pacific Company of the Year Award, diikuti oleh Prima Farcie dari JA Philippines dan Harness dari JA Hong kong sebagai Second Place Winner dan Third Place Winner. Sedangkan untuk Young Entrepreneurs’ Choice Award diraih Tim Fulfill dari JA Guam dan FedEx Acces Award oleh Tim Cyclo dari JA Korea. Pada ajang tersebut para peserta memperebutkan 4 diantara nominasi penghargaan yaitu JA Asia Pacific Company of the Year Award (1st,2nd dan 3rd Place ),FedEx Access Award, disponsori FedEx,The Belt and Road Award, disponsori oleh Road King Investment and Asset Management and Road King Expressway serta Young Entrepreneurs’ Choice Award. Ina dan Tim bersaing dengan peserta AP JA COY 2018 yang merupakan 22 Tim Student Company yang berasal dari 14 negara kawasan asia Pasifik yaitu Brunei, China, Guam, Hong Kong, India, Indonesia, Japan, Korea, Malaysia, Philippines, Singapore, Thailand, Turkmenistan, dan Vietnam.Event ini juga dihadiri oleh beberapa student company representasi dari JA Denmark dan Gabon sebagai Student Company yang berbagi pengalaman lintas batas untuk para peserta.

Ms.Vivian lau .President ,JA Asia Pasific

Ms.Vivian lau .President ,JA Asia Pasific

Selain itu ,Kompetisi tingkat Asia Pasifik yang diselenggarakan setiap tahun ini terbilang bukan kompetisi bisnis yang sederhana bagi para remaja. Tujuan kompetisi ini ialah untuk bagaimana menyeimbangkan pencapaian bisnis setiap perusahaan secara keseluruhan dengan pengembangan pribadi masing-masing individu anggota. Sepertli dilansir dari website http://www.jaasiapacific.org , Dalam perhelatan yang penyeleksiannya dilaksanakan secara regional oleh perusahaan anggota JA di setiap negara. Bagi Setiap Student Company yang akan berperan sebagai Perusahaan anggota JA yang ingin memenangkan penghargaan ini, tidak cukup hanya menjalankan perusahaan JA yang sukses secara finansial atau sekedar menciptakan produk atau layanan yang menarik saja. Anggota perusahaan JA juga harus menunjukkan bahwa mereka memahami bagaimana dan mengapa perusahaan melakukan langkah seperti yang dilakukannya. Para dewan hakim akan mencari bukti inovasi dan penerapan ide-ide yang baru dalam semua aspek dalam menjalankan perusahaan. Mereka juga akan melihat pandangan tentang peningkatan berkelanjutan melalui inovasi sangat penting untuk keberhasilan suatu bisnis.

SMANCIS 2 SC Raih Belt And Road Award.by Prestasi Junior)

Dari empat orang  angggota SMANCIS 2 SC ,Ina satu -satunya siswi yang juga tinggal di Asrama Bina Siswa SMA Plus . Ina dan juga siswa/siswi SMA Plus Bina Siswa mendapatkan KBM kewirausahaan di asrama .Ina juga aktif sebagai Anggota Student Company SMAN 1 Cisarua selain itu diasrama dikenal sebagai pribadi yang jeli melihat peluang usaha saat ada kesempatan sebagaimana beberapa siswa/i asrama lainnya. Disampaikan terpisah oleh Ibu Dra.Hj.Molly Mulyahati D,M.Sc selaku ketua pelaksana Harian Bina Siswa SMA Plus Provinsi Jawa Barat Bahwa Mata pelajaran Kewirausahaan harus menjadi salah satu ciri khas pendidikan kita, karena kebermanfaatannya berefek sangat luas bagi masyarakat sekitar. Beberapa Alumni Asrama sudah memberikan teladan dalam dunia kewirausahaan seperti Kang Gigin Mardiansyah Penemu dan Pengembang Boneka Horta dan Kang Aang Permana dengan Usaha Crispy Ikan Sipeteknya atupun Alumni lainnya. Kedepan harapannya dimunculkan lebih banyak profile-profile Alumni SMA Plus Bina Siswa dalam dunia entrepreneurship, Selain dapat memberi inspirasi buat adik-adik tingkatnya di Asrama juga dapat memberikan informasi yang lebih lengkap kepada dinas pendidikan Provinsi sehingga perhatian terhadap sarana dan prasarana penunjang keberlangsungan semua proses KBM dan Pembinaan siswa menjadi hal yang diprioritaskan.

Segenap Civitas SMA Plus Bina Siswa mengucapkan selamat atas prestasi yang ditorehkan Ina untuk mengharumkan SMAN 1 Cisarua dan Asrama tercinta. Semoga lebih dengan prestasi ini lebih memotivasi kembali siswa/siswi yang lainnya. Dan tentu ucapan terima kasih kami sampaikan kepada guru-guru pembimbing disekolah , Para Pembina Asrama, Kakak pembimbing SC, segenap Alumni dan semua pihak yang ikut andil mendukung para siswa/i untuk berprestasi baik secara moril maupun materil.

Respond For " Wakili Indonesia di JA AP COY Beijing, Tim SMANCIS 2 SC Raih The Belt and Road Award "